Warga Lingkungan Tegalrejo Beduyun Duyun Melihat Wisang Geni Lahir

DSCN3222Purwantoro -Pagelaran wayang semalam suntuk yang di gelar di Rw 01 Lingkungan Tegalrejo merupakan salah satu kegiatan yang di danai dari para perantau yang berada di jakarta, pagelaran wayang semalam suntuk dengan  dalang Ki  Agus Prayitno dari Sumoroto mengambil judul  Wisang Geni Lahir yang di iringi kerawitan Lepdo Iromo Dari Desa Nduri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo.

Duto Yoso selaku ketua Penyelenggara kegiatan mengatakan “ pagelaran wayang semalam suntuk  ini selain untuk halal bihalal  ada hal lain yang lebih utama yaitu memperingati  HUT kemerdekaan RI yang ke 68, adapun yang membiayai semua kegiatan ini adalah paguyuban  Langgeng Makmur yang merantau dijakarta, dengan dana yang terkumpul sebesar Rp. 15.000.000,00 di harapkan kegiatan ini berjalan lancar tak kurang suatu apapun, jika nanti biayanya sisa kita manfaatkan untuk kegiatan yang lain” terangnya

Sementara para pemuda yang tergabung dalam karang taruna lingkungan setempat memanfaatkan lahan yang kosong  yang dekat dengan lokasi pagelaran wayang kulit di jadikan tempat parkir dengan tarif per sepeda motor Rp 3.000,00.

Lakon pewayangan  Wisang Geni lahir diawali dengan kecemburuan Dewasrani, putra Batari Durga terhadap Arjuna yang telah menikahi Batari Dresanala. Dewasrani merengek kepada ibunya supaya memisahkan perkawinan mereka. Durga pun menghadap kepada suaminya, yaituBatara Guru, raja para dewa.atas desakan Durga, Batara Guru pun memerintahkan agar Batara Brama menceraikan Arjuna dan Dresanala. Keputusan ini ditentang oleh Batara Narada selaku penasihat Batara Guru. Ia pun mengundurkan diri dan memilih membela Arjuna.Info Merista ( Ig )

leaderboard

Posting Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *